Beternak Kroto hasilnya nyoto


Beternak serangga adalah pekerjaan rumah yang tidak banyak menggunakan tenaga, baik biaya maupun uang kalu dibandingkan kerja keras banting tulang, tetapi banyak menghasilkan uang hingga puluhan juta per bulannya, yakni tergantung banyak sedikitnya jumlah sarang serangga yang dimiliki.
Anda cuma sekali mengeluarkan uang, tenaga dan biaya yaitu pada pertama kali mempersiapkan lahan atau tempat bertelornya, selanjutnya Anda tinggal memungut hasilnya tanpa butuh tenaga dan biaya lagi selamanya.
Anda ingin tahu, bagaimana cara berternak serangga, bacalah petunjuk berikut ini
Alat Berburu Serangga
1.      Tepung Tapiuka
2.      Sarung Tangan
3.      Alat pemotong sarang serangga
4.      Wadah serangga jika diperlukan
Tepung Tapiuka dan sarung tangan dimaksudkan agar Anda tidak digigit serangga
Waktu Berburu Serangga
Berburu serangga tidak dapat dilakukan dengan asal-asalan dan sembarangan waktu, kesalahan cara berburu dapat menyebabkan kegagalan dalam beternak serangga alias tidak menghasilkan apa-apa.
Waktu berburu tidak dilakukan pada waktu serangga sedang bertebaran diluar sarangnya. jadi yang paling tepat dilakukan pada waktu semua serangga sedang berkumpul kedalam sarangnya. Biasanya semua serangga telah berkumpul di dalam sarangnya pada waktu sedang atau setelah hujan, atau waktu malam. Maka apabila dilakukan penganmbilan sarang serangga pada waktu itu dapat dipastikan tak ada satu seranggapun yang ketinggalan saat Anda telah mengambilnya dari sarangnya.
Tiap-tiap kelompok serangga itu dibagi menjadi tiga kelompok yaitu:
-          Kelompok prajurit yang khusus bertujuan untuk menjaga ratu dan sarangnya dan selalu menyerang siapapun mendekat atau mau mengganggunya. Pasukan prajurit serangga ini tidak bekerja, ia cuma bertugas sebagai keamanan sarang dan ratu saja

-          Kelompok pekerja yang bertujuan untuk mencari makanan sebanyak-banyaknya untuk keperluan ratu atau serangga petelor.

-          Kelompok Ratu. Kelompok Ratu ini khusus sebagai serangga petelor, ia tidak bekerja dan tidak mau menyerang orang yang datang menggaunggunya
Nah, itulah sebabnya Anda harus memilih waktu yang tepat saat berburu serangga, kalau serangga ada yang ketinggalan saat Anda berburu, terutama Ratunya, maka pekerjaan Anda menjadi sia-sia karena serangga tidak akan bertelor. Anda mengerti, kan.
Jika Anda kesulitan mendapatkan bibit serangga atau kroto basa Jawa, Anda dapat membelinya pada pembudidayaan lain. Bibit kroto biasanya dijual dalam kemasan stoples atau botol plastik bening. harganya sekitar 150 – 200 ribu rupiah dalam satu botol plastik berukuran 1 liter
Membuat Meja/Rak Sebagai Sarang Yang Baru
Pembuatan meja atau rak untuk sarang serangga yang baru dapat dibuat beberapa tingkat,minimal 2 tingkat tetapi jangan lupa pembuatan kaki meja atau rak terbut
Kemudian pada kaki meja atau rak tersebut diletakkan di atas ember atau sejenisnya yang diisi air dengan tujuan agar serangga tidak dapat melarikan diri dari sarang barunya itu.
Anda harus memperhatikan setiap hari keadaan air dalam ember tersebut, jika airnya berkurang hendaklah ditambahkan, jika airnya kering maka serangga akan dapat melarikan diri.
Anda tidak boleh mengganti air dalam ember dengan minyak atau oli dengan alasan agar tidak mudah kering, karena minyak atau oli itu dapat menimbulkan bau tidak sedap dan kematian bagi semua serangga tersebut.
Mempersiapkan Tempat Bertelor
Setelah pembuatan Meja atau Rak selesai langkah selanjutnya ialah pembuatan sarang buatan. Pembuatan sarang bisa berupa botol bekas aqua atau pipa raralon sebagai berikut:
-          Potong paralon berdiameter 12 cm dengan panjang 50 cm atau disesuaikan lebar rak. Bisa juga boto aqua atau toples, namun paralon paling mampu bertahan lama. Kemudian susun dalam rak, media langsung digunakan
-          Biarkan kedua sisi paralon tetap terbuka agar bisa menghasilkan instalasi udara
-          Disusun dengan baik agar tidak mudah bergerak atau berpindah
-          Disusun sedemikian banyak agar serangga bisa memilih peralon mana yang disukainya untuk bertelor nanti

Sarang buatan dari pipa paralon akan meminimalkan kematian dan lebih memudahkan pasca panen serta mudah dibersihkan


Pemberian Jarak Antar Rak/Meja Yang satu Dengan Yang Lain
Tiap-tiap buruan serangga yang diambil dari pohon yang berbeda maka masing-masing sarang yang diambil dari pohon itu harus dipisahkan mejanya dan diberikan jarak sekitar setengah meter, kecuali sarang-sarang itu berada dalam satu pohon. Jika tidak dipisahkan maka serangga akan berkelahi dan tidak waktu untuk bertelor lagi dan akhirnya mati semua.
Menempatkan Barang Buatan
Yang perlu diperhatikan saat penempatan meja atau rak serangga ialah benda yang ada disekitarnya, seperti:
-          Menaruh plastik seperti mangkok, ember atau lainnya pada kaki meja atau rak
-          Tidak bersentuhan langsung ke dinding, pohon atau kayu yang memungkin serangga akan melarikan diri
-          Jauh dari jangkauan anak-anak
-          Mendapatkan intensitas cahaya yang cukup sekitar 0,01-0,06 lm/m2 saja.
-          Mendapatkan instalasi udara yang cukup agar dia bisa bertahan hidup dan mau bertelor
-          Jangan terkena sinar matahari secara terus menerus dalam hal ini butuh atap apabila di alam bebas
-          Tidak ditempatkan di area lalu lintas seperti dapur, kamar mandi dan lainnya yang menyebabkan serangga terganggu dan tidak mau bertelor
-          Bersihkan tempat dari semut merah Kecil-kecil atau serangga pengganggu yang lainya.
-          Jika menempatkan sarang di dalam rumah harus ada jendelanya
-          Penempatan semut serangga akan lebih baik jika berada ditempat tertutup
Makanan Serangga
Memberikan makanan serangga paling mudah karena ia bisa memakan apa saja seperti, ulat, belalang, ikan, cecak, perut ikan, ikan kering, jangkrek dan lain-lain.
Disamping itu sediakan pula minuman serangga berupa air gula 2 sendok makan dalam 200 ml air bersih karena selain protein, budidaya serangga juga membutuhkan gula. Di alam semut, serangga juga telah mendapatkan asupan karbohidrat dari gula. Biasanya berupa nektar yang dihasilkan kutu daun seperti aphid.
Biasanya air larutan gula akan habis dalam 2 sampai 3 hari
Masa Panen
Masa penen telor serangga biasa berkisar antara 15-20 hari, sebelum telor tersebut berubah menjadi semut serangga. Jika Anda ingin mengembangbiakkan serangga menjadi semakin banyak untuk mengisi semua paralon, biarkan sampai menetas lagi selama 6 bulan pertama. Hingga pada bulan selanjutnya Anda dapat panen 2x sebulan
Peralatan Saat Panen
Peralatan saat panen telor serangga adalah sebagai berikut:
-          Sediakan wadah plastek atau baskom tempat penampungan telor serangga
-          Sediakan saringan dari kawat ram untuk memisahkan semut serangga dengan telornya
-          Pakailah sarung tangan karet agar tidak digigit serangga
-          Olesi tangan Anda dengan tepung tapiuka agar serangga tidak bisa menggigit Anda
-          Bersihkan paralon
-          Letakkan saringan kawat ketempat rak agar serangga kembali ke sarangnya buatan


Harrga Per kg Telor Serangga
Harga Telor Serangga cukup mahal, satu botol plastik berukuran 1 liter harganya sekitar 150-200.000 rupiah
Penghasilan Per Bulan
Penghasilan perbulan cukup lumayan sebagai pekerjaan rumah tangga tanpa modal dan biaya yang memedai,
Penghasilan per bulannya bisa mencapai 10-an juta ke atas tergantung banyaknya koloni yang dimiliki. Bahkan ada seorang dokter yang rela melepaskan jabatannya dari kedokteran semata-mata karena ingin menekuni pekerjaannya beternak serangga dengan penghasilan di atas 39 juta per bulannya

0 komentar:

Post a Comment